Menu

Sejarah Batu Pirus Persia

Sejarah Batu Permata Pirus Persia – Batu pirus merupakan salah satu batu yang tertua dan tergolong batu mulia yang tak lekang oleh zaman.Batu ini masih kuat pamornya meski di saat buming batu akik di indonesia yang mempunyai ratusan ragam jenis batu.Tidak seperti jenis batu musiman,batu pirus yang melegenda di kalangan pecinta batu masih menunjukkan pamor bagi pemakainya,dan harganya pun masih tergolong stabil kisaran ratusan ribu sampai puluhan juta rupiah.Pirus atau bahasa latinnya Turquoise atau Fairuz dalam bahasa arab merupakan batuan yang mengandung campuran fosfat tembaga dan alumunium,besi serta emas dengan tingkat kekerasan antara 5-7 skala Mohs.

 

Pirus PersianAda juga yang menyebut sebagai campuran tanah, kapur, dan batu. Tak heran ada batu Pirus yang terlihat gurat-gurat putih. Batu Pirus atau Tur quoise memiliki corak bermacam-macam, yang paling umum dijumpai adalah bermotif sarang laba-laba dilatari warna biru atau hijau. Warna dasar Turquoise adalah biru seperti langit, biru muda kehijauan hingga ke hijau muda. Warna biru berasal dari tembaga ,ferum (besi), dan aluminium. Batu Pirus atau Turquoise berasal dari Semanjung Persia (Iran, Israel, Afghanistan, Sinai), Nevada, Carlifornia, New Mexico, dan Arizona.
Batu Pirus tidak transparan atau tembus cahaya, namun memiliki bermacam warna dengan garis-garis melintang menyerupai retakan. Urat-urat pada Pirus nayshabur warna merah  memiliki nilai yang tinggi karena dipercaya dari jenis Pirus yang sakral.Untuk lebih lengkapnya tentang sejarah pirus persia silahkan simak artikel berikut ===>KLIK

 

Artikel Tentang Sejarah Pirus Tibet silahkan KLIK —–> TIBETAN

ARTIKEL PIRUS PERSI NAYSABUR DAN JENISNYA ====> KLIK

 

iranian persian

Contoh Pirus Persia Asli Dari Tambang Naisabur

Dikutip dari permatabatu.com, konon jika Anda memberkan Pirus kepada seseorang yang Anda kasihi, maka batu tersebut akan melindungi pemakainya dari energi negatif dan membawa keberuntungan kepadanya. Turquoise adalah batu simbol persahabatan dan  kedamaian dalam rumah tangga. Turquoise bisa menguatkan dan menyelaraskan semua cakra dalam tubuh. Secara spesifik, batu ini menguatkan cakra tenggorokan, jantung dan cakra pusat, meningkatkan kemampuan komunikasi terutama untuk hal-hal yang bersifat emosional. Batu ini juga meningkatkan penyaluran ide-ide kreatif dan intuitif. Batu Pirus adalah batu penyembuh jiwa, pembawa energi yang menenangkan dan mendamaikan pikiran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *