Menu

Cara Bedakan Batu Pirus Asli Dan Palsu

Penghasil batu pirus yang sudah lama dikenal adalah Persia yang terkenal dengan pirus persia bermutu tinggi,selaiin itu batu pirus juga banyak di hasilkan dari penambangan wilayah Nishapur ( Iran )dengan kwalitas batu yang bagus.Di Indonesia batu pirus banyak dimiliki oleh kalangan Ulama karena batu pirus mempunyai sejarah tersendiri di kalangan muslim dan memang berasal dari Arab/negara negara yang banyak penduduk muslimnya.Selain ditemukan di wilayah semenanjung Persia batu ini juga banyak ditemukan di Cina,Tibet,Nevada,California,New Mexico,Arizona yang memiliki keindahan dan kwalitas tidak kalah bagus.Batu Pirus digunakan oleh bangsa Mesir kuno dan Aztec sebagai perhiasan dan batu hias. Topeng dan makam Raja Tutankhamun dihiasi dengan batu ini. Orang Mesir kuno percaya bahwa warna biru adalah simbol regenerasi, sehingga batu ini menjadi sangat berharga karena kepercayaan tersebut selain sebagai dekorasi dan perhiasan. Batu ini juga digunakan oleh penduduk asli Amerika sebagai karya seni dan perhiasan, beberapa di antaranya percaya bahwa batu tersebut mampu menjadi pelindung. Orang Tibet mempercayai batu ini sanggup memberikan penyembuhan.

Cara membedakan batu pirus yang kita miliki asli atau palsu yaitu dengan melihat tampilan fisik batu,tentunya harus pegang batunya secara langsung. Karena batu pirus yang asli justru terlihat tidak begitu mengkilat, hal ini disebabkan oleh kekerasan batu pirus yang hanya sekitar kekerasan sekitar 5 mohs, pirus ini termasuk batuan lunak. Selain itu batu pirus cenderung berpori mikro, karena pori inilah yang menyebabkan pirus menjadi tidak begitu mengkilat.Akan tetapi batu pirus bisa mengkilap porselen bila sering dirawat dengan baik,sehingga permukaan batu jadi kinclong porselen,dan tentunya kwalitas dan harga pun jadi tinggi.

Pirus Imitasi / Block Turquoise

Pirus Imitasi / Block Turquoise dari bahan clay

Dibelah dalemnya putih

Jenis Howlite / magniset Yang di Warna ( Dyed )

 

Banyak dikenal Batu Pirus adalah warna biru, bebatuan ini sebetulnya mempunyai banyak variasi warna. Semakin tinggi kandungan tembaganya, maka semakin biru warna bebatuan ini. Sebaliknya, jika kandungan besinya yang lebih tinggi, maka warna turquoise cenderung ke arah hijau. Ini, tentu saja, bila merupakan turquoise asli.
Sedang turquoise imitasi, tentu tidak mengenal ‘hukum’ semacam itu. benda ini biasanya merupakan hasil olahan laboratorium. Dengan begitu, warna yang dihasilkan juga cenderung seragam, mendekati biru. Turquoise imitasi yang berwarna  dibuat dengan menutupkan wax atau minyak untuk membuyarkan warnanya. Hanya saja, biasanya warna ini tidak akan permanen sifatnya.Pirus alami secara serat lebih berasa 3 dimensi karena terjadi secara alami,distribusi alur dan kepadatan serat terasa berbeda,memiliki keindahan alam nyata yg gak bisa di bohong…sedangkan pirus sintetis terasa halus,kaku di serat,tidak terlihat tiga dimensinya,ketebalan urat secara subtansial sama,halus dan kurang tampak alam.

Pirus asli terasa 3 dimensi uratnya,terlihat pola urat yg alami

14591757_1771224166458262_1350006818045164023_n

palsu,block turquoise,serat terlihat flat

54607496_6

palsu,jenis magnesit dyed

pirus keramik buatan perusahaan gilson,palsu

Yang kedua adalah jangan mudah tergiur dengan penjual yang menyebut “batu pirus urat emas” terutama yang memiliki serat emas tebal. Dimana biasanya batu pirus / turquoise serat emas ini nampak seperti potongan-potongan batu kecil atau terpisah-pisah dan jika dilihat lebih seksama pecahan-pecahan batu ini memiliki warna yang berbeda satu sama lain, terlalu mengkilat dsb. Jika tanda-tanda tersebut nampak pada batu pirus, maka bisa dipastikan batu tersebut bukan pirus asli/utuh, tetapi batu pirus pecahan yang dicor dengan resin dan partikel tembaga sebagai cara untuk membuat menyerupai “urat emas” atau istilah para pakar ahli batu menyebutnya dengan batu masakan.Yang benar dan banyak beredar itu batu pirus urat kuning emas,jadi warna guratan serat identik dengan kuning emas ( kuningnya tidak mengkilau seperti emas ).Lain lagi dengan Pirus urat perak atau badar perak,memang phyrite ini mengkilau jika perak nya terkena cahaya,biasa orang nyebutnya pirus urat perak.Pirus jenis ini selain dihasilkan dari Persia juga ditemukan di Arizona yang terkenal dengan Pirus morenci.

serat emas palsu/sentetis/komposite

Block Turquoise

Block Turquoise /Pirus imitasi

 

Batu Pirus termasuk batu yang sangat berpori, sehingga kadang-kadang diresapi dengan polimer, lilin atau plastik untuk meningkatkan warna dan mengeraskan permukaannya. Warna batu ini terkadang juga ditingkatkan dengan minyak atau parafin. Pirus imitasi atau sintetis biasanya dibuat dari Chalcedony atau Howlite yang dicelup warna. “Neolite” adalah Pirus imitasi dengan matrik gelap, yang juga dikenal sebagai “Reese Turquoise”. “Neo Turquoise” adalah Pirus imitasi lain yang juga dengan matrik gelap. “Viennese Turquoise” juga Pirus imitasi. Semua pedagang permata besar pasti dan harus menyatakan treatment yang dilakukan pada batu permata Pirus yang dijualnya, dan harus menginformasikan kepada pembeli apakah batu tersebut natural atau sintetis buatan.

dark-green-webbed-variscite

Batu Variscite Yg Mirip Pirus ( dark-green-webbed-variscite )

pirus pirusan/block turquoise

pirus composite,pola serat terlihat kaku

 

Imperior jesper/sediment jesper

ini bukan pirus,tapi jenis varicite,biasa orang nge klaim pirus nevada( pdhl bukan pirus ),Imperior jesper/sediment jesper

 

Hal ketiga yang sering menjadi kesalahan para hobiis batu, atau kolektor batu pemula tentang batu pirus ini adalah bahwa sebenarnya pirus / turquoise yg bernilai lebih tinggi adalah pirus polos ( Robin Egg / blue Sky ) atau cenderung polos karena sangat langka, kecuali memang ditemukan motif yg unik. Motif pada pirus sebenarnya adalah “kotoran” yang biasanya berupa tembaga, tanah atau kapur. Pirus yg terkontaminasi kapur adalah yg nilainya paling rendah.Oleh sebab itu yang jenis polos banyak dipalsukan dengan buatan Rusia ataupun Cina ,info mengenai pirus polos palsu silahkan kunjungi artikel berikut ====> KLIK

 

Ke empat yang paling penting adalah rujukan dari hasil tes Laboratorium batu,di situ bisa teridentifikasi batu natural maupun sintetis/buatan.Jika anda merasa ragu dengan batu pirus anda maka ada baiknya di bawah ke Lab untuk diidentifikasi oleh ahlinya yaitu Gemologis maka nanti akan ketahuan identitas batu anda….heheh

Cara ekstrim,bila palsu dibakar bau khas plastik dan meleleh

Demikian sedikit ulasan yang singkat sederhana mengenai pirus asli dan palsu,berhati hatilah sebelum transaksi ,pelajari dulu atau bertanya2 untuk cari informasi sebelum anda putuskan untuk membeli batu khususnya batu Pirus.

Salam Pirus Lovers 🙂

 

ARTIKEL PIRUS SERAT EMAS PALSU DAN ASLI ==== KLIK

ARTIKEL TAMBANG BATU PIRUS PERSIA ====KLIK

ARTIKEL TAMBANG NAYSHABUR DAN JENISNYA ====KLIK

 

natural pirus nayshabur persian

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Cupl Ref:jenisbatumulia.blogspot

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *